Senin, 21 Januari 2013

PEMBELAJARAN BANGUN DATAR KELAS I SD





Mengenal Bangun Datar Sederhana
Pada kegiatan mengenal bangun datar (di kelas I semester 2) anak belum mengenal nama-nama bangun secara spesifik, baru mengenal lingkaran dan bukan lingkaran, segitiga dan bukan segitiga, segiempat dan bukan segiempat. Di antara tiga macam bangun tersebut gurunmengenalkan bangun yang sering ditemui siswa agar siswa mudah mengingat dan memahaminya. Dalam mengenalkan bentuk dan nama bangun sebaiknya guru tidak langsung mengumumkan nama dari bangun tersebut, namun terlebih dahulu guru menggali pengalaman siswa baru kemudian mengambil kesepakatan nama bangun dalam matematika.
a) Lingkaran dan bukan lingkaran
Guru: Ayo anak-a nak benda-benda apa saja yang bentuknya
seperti ini:

Siswa: Matahari bu guru, bulan bu guru, atau ada yang
menjawab kue tar bu guru.
Guru: Ya anak-anak, ada lagi bentuk lain?
Siswa: Ya bu guru …. kalau topi saya bundar bu guru.
Guru: Ya, kamu benar bentuk seperti itu dalam matematika
disebut lingkaran.
Ayo anak-anak sebutkan benda-benda lain yang berbentuk
lingkaran!
Siswa: Roda, uang logam , hula hup, … bu guru.
Guru: Bagus,masih ada contoh lainnya?
Siswa: Masih bu, tutup kaleng roti, tutup gelas, piring.
Guru: Bagus sekali, nah anak-anak sekarang kamu sudah tahu
apa itu lingkaran.
Contoh:
1. Kelompokkan benda berikut,mana yang berbentuk lingkaran!
a.   
b. 
c. 
d. 
e. 
Penyelesaian :
benda yang berbentuk lingkaran : benda a dan benda c
b) Segitiga dan segiempat
Dalam mengenalkan bentuk dan nama bangun segitiga sebaiknya
guru tidak langsung mengumumkan nama dari bangun tersebut,
namun terlebih dahulu guru menggali pengalaman siswa, baru
kemudian mengambil kesepakatan nama bangun dalam
matematika.
Guru: Ayo anak-anak benda-benda apa saja yang bentuknya
seperti ini :

Siswa: Tanda lalu lintas dijalan bu guru, segitiga pengaman
untuk mobil yang sedang mogok bu guru, atau ada yang
menjawab atap rumah bu guru.
Guru: Ya anak-anak bentuk ini kita sebut segitiga.
Contoh :
1. Beri tanda silang(x) untuk benda yang bukan segitiga!
a.  X
b. 
c. X
d.
e.
f. X
g.
Guru: Sekarang coba sebutkan benda-benda apa yang bentuknya
seperti ini :

Siswa: Buku bu guru, papan tulis, meja, pintu bu guru.
Guru: Bagus, kamu pintar. Sekarang kerjakanlah soal berikut:
Contoh :
1. Kelompokkan menurut bentuknya!
a.
b. 
c. 
d. 
e. 
f. 
Penyelesaian : a,c,d
b,e,f
Mengenal Unsur-Unsur Bangun Datar Sederhana
a. Mengelompokkan Bangun Datar
1) Lingkaran, segitiga dan segiempat
Sebelum mengenal macam-macam segiempat terlebih dahulu
siswa diingatkan mengenai bangun yang telah mereka kenal di
kelas 1. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan keterkaitan
atau perkembangan pengetahuan berpikir siswa.
Contoh pembelajaran:
Guru: Anak-anak apakah kalian masih ingat mengenai
bangun datar yang kalian pelajari di kelas 1?
Siswa: Masih bu guru yaitu lingkaran, segitiga dan
segiempat.
Guru: Bagus, ternyata kalian masih ingat. Sekarang ibu ingin
memperkenalkan bangun datar yang lain. Ini namanya
elips

Siswa: Bentuknya mirip telur ya bu.
Guru: Ya, perhatikan benar-benar beda antara lingkaran dan
elips.
Guru: Coba beri warna kuning untuk lingkaran dan biru
untuk elips.
                   
                   
Guru: Sekarang kita akan mengenal macam-macam
segiempat.
 ini namanya persegi
 ini namanya persegi panjang
b. Mengenal sisi-sisi bangun datar
Siswa telah mengenal macam-macam bangun datar, yaitu bangun
yang terdiri dari tiga ruasgaris disebut bangun bersisi tiga atau
segitiga dan bangun yang terdiri dari empat ruasgaris disebut
bangun bersisi empat atau segiempat. Batas yang mengelilingi
bangun tersebut disebut sisi.
Contoh pembelajaran:
Guru: Ayo anak-anak apa nama bangun
yang bentuknya seperti ini

Siswa: Segitiga bu guru.
Guru: Ya anak-anak, bentuk ini kita sebut
segitiga.
Siswa: Kenapa namanya segitiga bu guru?
Guru: Nah anak-anak,
segitiga ini mempunyai tiga
ruasgaris yang merupakan batas dan disebut sisi, jadi
benda ini disebut segitiga karena sisinya ada tiga.
Guru: Kalau bangun ini namanya apa anak-anak?

Siswa: persegi panjang bu guru.
Guru: ada berapa sisinya?
Siswa: empat.
Guru: Bagus, coba telusuri sisinya dengan jarimu sambil
dihitung.
Guru: Kalau bangun ini namanya apa anak-anak?

Siswa: persegi , bu guru.
Guru: kalau persegi, bagaimana panjang sisinya?
Siswa: semua sisinya sama panjang, bu guru.
c. Mengenal sudut-sudut bangun datar
1. Pengertian Sudut
Sudut terbentuk ketika dua garis bertemu di sebuah titik, atau dua sinar yang berimpit pangkalnya. Pangkal persekutuan itu disebut titiksudut, dan masing-masing sinar disebut kaki-kaki sudut. Untuk memberi nama kepada suatu sudut kita letakkan sebarang titik pada masing-masing kaki. Kemudian kita beri nama berupa huruf kapital (besar) kepada titik-titik itu. Sudut pada gambar di atas disebut sudut ABC atau sudut CBA. Nama titiksudut selalu ditempatkan di tengah.
2. Jenis-jenis Sudut
1) Sudut Lurus
Sudut yang kedua kakinya membentuk garis lurus, disebut
sudut lurus.
2) Sudut Siku-siku
Untuk mengetahui sudut siku-siku ambilah kertas, lipat
dua kali maka sudut yang terbentuk adalah sudut
istimewa namanya sudut siku-siku.
3) Sudut Lancip dan Sudut Tumpul
Sudut yang lebih besar dari sudut siku-siku dinamakan
sudut tumpul, sedangkan sudut yang lebih kecil dari
sudut siku-siku dinamakan sudut lancip.


3 komentar:

  1. Contoh cara pembelajarannya dapat membantu guru kelas satu. Terutama guru pemula.

    BalasHapus
  2. Contoh cara pembelajarannya dapat membantu guru kelas satu. Terutama guru pemula.

    BalasHapus
  3. Bagus sekali dan sangat mendukung demi mendidik anak-anak pada tingkat dasar, dan bisa sebagai pengetahuan selanjutnya...šŸ‘

    BalasHapus